Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.18400 0.02%
GBPUSD 1.33220 0.00%
AUDUSD 0.72850 0.34%
NZDUSD 0.69210 0.78%
USDJPY 104.540 0.02%
USDCHF 0.91240 0.02%
USDCAD 1.30770 -0.12%
GOLDUD 1836.260 -0.51%
USD/IDR 14130 0.14%

Fokus EURUSD:

      1. EURUSD konsolidasi sejak awal sesi
      2. Sejumlah isu di AS jadi fokus utama



Selasa, 24 November 2020 - Pagi ini, pasangan EURUSD kembali mencoba memupuk pondasinya setelah pada sesi kemarin tertekan oleh fokus harga yang disetir oleh valuasi USD, dikombinasikan dengan serangkaian data PMI Eropa yang dirilis kurang mengesankan. Markit menerbitkan perkiraan awal dari PMI November, dengan menggarisbawahi bahwa aktifitas lockdown baru-baru ini telah berdampak pada percepatan penurunan aktifitas layanan di Jerman, dengan PMI Layanan anjlok menjadi 46.2 dari 49.5, meski dari sisi manufaktur indeks melonjak menjadi 57.9. Untuk keseluruhan Uni, indeks manufaktur dirilis di 53.6, lebih baik dari yang diantisipasi, sementara PMI Jasa turun menjadi 45.1.
Bergeser ke AS, ada berita bahwa pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan tekanan terhadap China. Penasihat telah menyarankan rencana untuk membuat aliansi informal negara-negara Barat untuk membalas ketika Beijing menggunakan kekuatan perdagangannya untuk memaksa negara-negara, sebagai tanggapan atas tekanan China terhadap Australia. Di sisi makroekonomi, IMP Markit AS Awal telah mengejutkan pasar, dengan aktivitas sektor manufaktur dan jasa yang berkembang melebihi ekspektasi di bulan November. Sementara itu, Trump dilaporkan untuk secara resmi memulai proses peralihan kekuasaan ke Joe Biden, dan mendorong kemungkinan stimulus AS yang sangat ditunggu-tunggu.
Pada saat penulisan, EURUSD masih konsolidasi dengan fokus zona support penting terdekat di level 1.18200 dengan resistance terdekatnya berada di areal 1.18600. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 1.19000 dan support terjauhnya di 1.17700.

AUDUSD – Harga terpantau masih fluktuasi dan ditutup koreksi masih di rentang yang sama sejak beberapa sesi terakhir di antara zona 0.72800 dan 0.73000. Terkait data, Aussie merilis angka Neraca Perdagangan dengan surplus berkurang dari AUD 5.6 juta sebelumnya, ke AUD 4.84 juta dalam hasil pembacaan awal. Ekspor dan Impor menandai pemulihan penting dari + 3.9% dan -5.9% sebelumnya masing-masing menjadi 6% dan 8%. Sementara itu, isu bahwa AS sedang membentuk kelompok perdagangan dengan sekutu Baratnya untuk memerangi aliansi perdagangan China dan membantu Australia untuk lebih baik menangani gejolak sebelumnya, jaga daya beli di sekitar pasangan. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.72800 dan resistance di 0.73300.

GBPUSD – GBPUSD masih terlihat gagah di papan harga dengan masih memegang pondasi kuatnya yang sempat mendorong harga mencapai level tertingginya sejak dua bulan terakhir, meskipun tergelincir kembali ke bawah 1.33000 dengan naiknya USD. Masih dari Brexit, optimisme masih dijaga oleh laporan terbaru yang menunjukkan bahwa sementara negosiasi berlangsung, Brussels dilaporkan mempertimbangkan untuk meminta klausul peninjauan 10 hingga 15 tahun dalam kesepakatan perdagangan dan perjanjian penangkapan ikan. Usulan tersebut direspon baik untuk menstabilkan posisi GBPUSD dengan memungkinkan kompromi yang layak disepakati Inggris juntuk mengekstraksi konsesi mereka sendiri pada poin-poin utama. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.32800 dan resistance di 1.33800.

NZDUSD – Harga sempat meroket naik ke tertinggi dalam 23 bulan terakhir merespon optimisme tinggi dari data Penjualan Ritel Selandia Baru. Namun, pemulihan Dolar AS yang didorong angka PMI Jasa, serta tantangan terhadap sentimen perdagangan menyeret NZDUSD untuk menutup sesi di rentang sempit 0.69300. Mempertimbangkan kurangnya data/peristiwa utama, pedagang NZDUSD cenderung mengawasi katalis risiko untuk dorongan baru. Di antaranya perbincangan terkini seputar perselisihan AS-China bisa menjadi faktor tambahan yang harus diperhatikan. Dari dalam NZ, Menteri Keuangan Grant Robertson YANG mengisyaratkan adanya penambahan harga rumah ke dalam mandat juga disinyalir akan bertindak sebagai katalis positif. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.69400 dan resistance di 0.70000.

USDCAD – Fluktuasi USDCAD berada di belakang USD yang sempat menguat secara keseluruhan setelah rilis data PMI Markit AS yang jauh lebih optimis dari ekspektasi. Di sisi lain, ketahanan CAD tampaknya dapat dilacak dengan fakta bahwa Kanada akan diuntungkan paling banyak dari data yang bersinggungan dengan aktifitas dagang AS, mengingat ketergantungannya. Selain itu, harga minyak yang juga membukukan keuntungan pada hari Senin masih menyerap laporan dari perusahaan pembuat vaksin di Inggris, AstraZeneca, yang menyebutkan bahwa vaksinnya 90% efektif tanpa ada efek samping yang parah. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.30400 dan resistance di 1.31000.

USDCHF – Gerak fluktuatif USDCHF bergerak mengikuti valuasi USD yang sempat membuka pekan ini dengan posisi defensif, namun perlahan mendapatkan kembali daya belinya, meski diantisipasi untuk berumur pendek. Sentimen risk-on yang dipicu oleh tajuk vaksin dan stimulus oleh Fed sempat berkontribusi untuk melemahkan USD. Namun, data makroekonomi menawarkan dorongan baru untuk Dolar AS, dengan pembacaan pendahuluan PMI Markit AS menunjukkan kemajuan kinerja aktivitas sektor swasta AS yang lebih baik dari perkiraan dan meningkatkan permintaan untuk USD. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.90900 dan resistance di 0.91400.

USDJPY – USDJPY meroket kembali ke atas zona 104.000 dibantu dengan sejumlah isu menenangkan dari dalam AS dan wacana pelonggaran kebijakan moneter oleh otoritas Jepang. Gubernur BoJ Kuroda menegaskan kembali kesiapan bank sentral untuk menerapkan langkah-langkah pelonggaran tambahan, jika diperlukan, tanpa ragu-ragu saat berbicara di depan parlemen. Di tempat lain, berita menunjukkan stimulus ketiga Jepang bisa mencapai angka 20 triliun Yen, yang bersamaan dengan lonjakan kasus di Tokyo yang mendorong otoritas untuk menangguhkan program subsidi "Go To Travel". Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 104.000 dan resistance di 104.800.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
22:00 USD - CB Consumer Confidence - 97.7 100.9

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER