a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.21540 0.16%
GBPUSD 1.40610 0.14%
AUDUSD 0.79140 0.10%
NZDUSD 0.73260 -0.08%
USDJPY 105.060 -0.10%
USDCHF 0.89600 -0.10%
USDCAD 1.26090 -0.17%
GOLDUD 1808.700 0.29%
USD/IDR 14100 0.00%

Fokus NZDUSD:

      1. Reli NZDUSD tertahan pagi ini
      2. Suasana pasar masih nantikan arahan kuat baru



Selasa, 23 Februari 2021 - NZDUSD pagi sedang berjuang menjaga momentum bullishnya, dengan diuji oleh rilis data fundamental dalam NZ dengan Penjualan Ritel Q4 dirilis sedikit mengecewakan. Secara luas, para pedagang tampaknya masih bermain di balik pelemahan USD dan suasana risk-on luas yang, secara langsung menjaga harapan sikap hawkish dari RBNZ beberapa waktu mendatang. Penjualan Ritel Q4 NZ turun di bawah perkiraan 26.7% menjadi -2.7% QoQ, dibandingkan 28.0% sebelumnya. Rincian menunjukkan Penjualan Ritel ex Autos juga melambat dari 23% vs ekspektasi 24.1% pembacaan sebelumnya menjadi 4.8% QoQ. Sebelumnya juga, pasangan Kiwi memanfaatkan berita penilaian kredit S&P hari sebelumnya yang menaikkan peringkat kredit NZ lebih baik dari 'AA' menjadi 'AA +'.
Juga mendukung kenaikan Kiwi adalah optimisme pasar yang luas di tengah vaksinasi dan pemulihan sebagian besar dari dampak pandemi C-19 dan serangkaian update grafik data yang optimis, dan pada gilirannya memungkinkan beberapa negara seperti Inggris dan Israel untuk mengumumkan pembukaan pembatasan aktivitas. Di sisi lain, perlu disebutkan bahwa pergumulan AS-China kembali ke meja perundingan karena Beijing mulai bertindak seolah-olah ingin memperbarui hubungan dengan pemerintahan baru Amerika, meskipun ada peringatan untuk tidak mencampuri masalah internal. Hal yang sama bergabung dengan ketegangan dan kecemasan AS-Iran atas stimulus Covid-AS untuk menguji optimisme pasar.
Pada saat penulisan, NZDUSD masih belum kembalikan momentum bullishnya dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.72800 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.73400. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.73600 dan support terjauhnya di 0.72500.

AUDUSD – Pasangan Aussie melompat ke level tertinggi sejak Februari 2018 pada hari sebelumnya tetapi kurangnya arahan utama dan sentimen yang berhati-hati menjelang beberapa momentum utama, telah membentuk resistance tersendiri bagi harga. Terbaru dari Australia, angka perdagangan bulan Januari menunjukkan data yang suram dengan ekspor turun 9% dan impor turun 10%. Di antara negara-negara besar, perdagangan dengan AS dan Jepang paling turun. Sementara itu, latar belakang makro tetap mendukung kompleks mata uang komoditas; dengan optimisme terkait kemajuan kondisi pandemi di beberapa sudut dunia. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.78900 dan resistance di 0.79400.

EURUSD – Reli lanjutan EURUSD juga masih mengekor satu-satunya katalis kuat dari suasana risk-on pasar yang sensitif terhadap Euro. Namun, perlu disebutkan bahwa sentimen hati-hati pasar menjelang pidato dua tahunan Ketua Federal Reserve Jerome Powell juga menjaga posisi pasangan ini di tengah kurangnya data dan peristiwa utama. Ketua Fed sebagian besar diharapkan untuk mengulangi optimismenya yang berhati-hati tetapi kejutan apa pun tidak dapat dikesampingkan mengingat komentar dovish terbaru dari ECB dan data AS yang beragam. Selanjutnya, kurangnya katalis utama akan mendorong perdagangan terpaku pada sejumlah tajuk makro. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.21400 dan resistance di 1.21800.

GBPUSD – GBPUSD perlahan tergelincir dalam perdagangan baru-baru ini dari tertinggi multi-tahunnya. Tajuk dalam Inggris didominasi pada awal pekan oleh berita utama terkait pengungkapan strategi pemerintah "Roadmap to recovery" dari PM Inggris Boris Johnson. Singkatnya, ada empat tahap, masing-masing berjarak setidaknya 5 minggu, yang akan membuat negara tersebut secara bertahap dibuka kembali dan, jika semuanya berjalan sesuai rencana akan kembali normal pada bulan Juni. Ke depan, fokus utama GBPUSD akan berkutat pada valuasi USD dan sedikit fokus dari Laporan Pasar Tenaga Kerja Inggris untuk Januari. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.40400 dan resistance di 1.41000.

USDCAD – Setelah berfluktuasi lebar kemarin, pasangan USDCAD akhirnya jatuh kembali ke posisi terendah sejak April 2018 dengan kombinasi pelemahan USD dan penguatan CAD yang sekali lagi ditopang kuat harga minyak mentah dunia. Harga acuan West Texas Intermediary (WTI), melonjak kembali di atas level $ 62 kemarin, dengan rekor kenaikan satu hari terbesar sejak 9 November, ketika Pfizer pertama kali merilis data efektifitas vaksin. Kini, harga masih ditopang pondasi kuat laju berita positif kondisi pandemi yang dikombinasikan dengan anggapan bahwa pasokan AS akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk kembali normal dari gangguan luar biasa terkait cuaca minggu lalu. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.25800 dan resistance di 1.26400.

USDCHF – Kembali jadi refleksi utama valuasi USD di pasar, pasangan USDCHF ikut mundur kembali ke sekitar zona 0.89500. Bercerita tentang USD, mata uang Dolar telah jatuh meskipun ekuitas AS turun dan imbal hasil obligasi AS naik - faktor pertama yang biasanya memberi USD dorongan sebagai safe-haven. safe-haven-nya. Kenyataannya, beberapa analis pasar menyatakan adanya kemungkinan bahwa faktor teknikal berupa tren penjualan awal jelang akhir bulan mungkin telah bermain di pasar, setelah beberapa bank besar AS menandai sinyal jual USD. Namun, adanya optimisme dari beberapa sudut pandang tajuk global juga ikut menekan USD. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.89400 dan resistance di 0.89700.

USDJPY – USDJPY menembus ke bawah 105.000 kemarin dan jatuh mencapai level terendah mingguannya, tepatnya sejak 15 Februari. Pasangan ini diperdagangkan dengan menguji area kritis karena Dolar AS yang masih jatuh secara keseluruhan di papan harga. Selama sesi Amerika, USD memperpanjang kerugian versus mata uang utama, dan memangkas kenaikan terhadap beberapa mata uang pasar berkembang. Pasangan ini baru-baru ini mengabaikan risk-on yang biasanya menekan Yen, dan selain itu dari dalam Jepang sendiri, portal Asahi menjelaskan kesiapan Jepang untuk mengatasi keadaan darurat yang disebabkan pandemi, secara spesifik di Tokyo. Kini, harga bergerak dengan support di areal 104.800 dan resistance di 105.300.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
04:45 NZ - Retail Sales q/q -2.7% -0.5% 27.8%
22:00 US - Fed Chair Powell Testifies - - -
22:00 US - CB Consumer Confidence - 90.2 89.3

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER